Kenapa Bumi Berputar ?





Penyebabnya adalah 4,6 milyar tahun yang lalu.

Saat awan hasil dari peristiwa big bang yang dinamakan nebula, nebula ini memiliki momentum sudut saat berputar dan karena gaya gravitasi nebula ini memepat dan membentuk tata surya kita sekarang, dengan matahari sebagai pusatnya. Beberapa awan membentuk batuan-batuan lebih kecil dari planet yaitu asteroid, dan planet-lanet seperti bumi.

Planet-planet ini memepat menjadi lebih padat dan kecil, sehingga momentum sudut mereka bertambah, lalu kenapa putaran tersebut tidak berhenti ?

Ini karena hukum newton 2, dengan persamaan dasar F =m.a, di luar angkasa tidak ada gaya untuk mempercepat bumi, dan jika percepatan = 0 maka kecepatan konstan atau tetap, namun ini tidak sepenuhnya benar, karena ada peristiwa yang dinamakan tidal effect yang disebabkan oleh bulan, membuat percepatan =0 ini salah, namun sangat sangat kecil.

Dan karena peristiwa ini bumi akan melambat dalam berotasi dan menyebabkan 24 jam sehari menjadi 25 jam sehari dalam kurang lebih 130 juta tahun lagi.
Dan lagi juga tidak mustahil, benda asing raksasa dari luar angkasa akan menabrak bumi dan mengubah kecepatan rotasi bumi.

Jadi jangan khawatir bumi akan berhenti berputar, karena kemungkinannya sangat lah tidak mungkin akan dialami oleh manusia zaman sekarang. Lebih baik kita mengkhawatirkan masalah sekarang, dan mulai melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, agar anak cucu kita dapat menikmati keindahan planet bumi ini dengan orang yang dicintai.

SUMBER :
spaceplace.nasa.gov/review/dr-marc-earth/earth-rotation.html
Buku Mekanika, Tan Ik Gie

Comments