Kunci Pengobatan HIV/AIDS dengan CRISPR

Halo, ini post terbaru sejak sebulan yang lalu, Mungkin blog ini akan mengalami renovasi sedikit, sudah bukan blog abal abal lagi, dan mengpost post setiap minggu. Blog ini mungkin berisi campuran Sains, Fiksi, dan Sains Fiksi hehe. Mungkin pembaca sangat familiar dengan Mutant, X-men ? Filmnya pasti tahu kan ? Ya orang-orang pasti tahu bahwa itu bohongan, namun dengan adanya teknologi terbaru yaitu CRISPR. Menjadi mutant, mengobati HIV dan Kanker adalah hal yang mungkin. Apa itu CRISPR ?

Apa itu CRISPR ?

CRISPR adalah singkatan dari (Clustered regularly interspaced short palindromic repeats) dan ditemukan di bakteri liar secara alami, ada banyak Cas di bakteri namun yang digunakan para ilmuwan adalah CRISPR-Cas9, Cas9 adalah protein yang terbentuk dari bakteri Streptococcus pyogenes yang masih bertahan saat diserang oleh bakteriofag. Cas9 ini merupakan semacam mesin pendeteksi dan gunting, dengan sisa DNA saat bakteriofag menyerang, Cas9 akan menyeleksi DNA virus yang sama dengan sisa DNA tersebut, jika 100% sama, maka DNA itu akan dipotong, sehingga DNA virus hilang.

Nah para ilmuwan pun memanfaatkan hal ini mereka menyadari bahwa Cas9 ini dapat diprogram dengan hampir semua sequence DNA, jadi pada tahun 2015 ilmuwan mencoba Cas9 untuk digunakan pada subjek yang terkena HIV dalam hal ini tikus, dan hebatnya 50% Virus itu hilang, jika Cas9 ini dimodifikasi dan di upgrade bahasanya, HIV akan dapat diobati dengan biaya yang terjangkau. Bahkan ada iklan yang menawarkan dengan harga 60$ per genome target. Sayang sudah hilang sebelum saya screenshot. 

Tapi ada salah satu website yang menawarkan seperti yang satu ini. Namun mungkin hanya untuk tumbuhan.

http://www.sigmaaldrich.com/technical-documents/articles/biology/crispr-cas9-genome-editing.html?gclid=COiHyqimu84CFc8QaAodHD8NPg

Sebuah artikel terbaru di Journal of Young Investigator ​​menjelaskan prosedur Cas9 ini :Sebuah artikel terbaru di Journal of Young Investigator ​​menjelaskan prosedur Cas9 ini :"Prosedur ini melibatkan enzim Cas9, yang memotong helix ganda DNA. Kemudian RNA-panduan atau yang disebut CRISPR mengarahkan Cas9 ke tempat tertentu dalam genom. Jika dipotong dalam sel, perbaikan DNA mesin dalam sel akan dilakukan untuk gen. Keuntungan utama dari teknologi ini adalah bahwa Cas9 dapat dipandu dengan urutan genetik sangat spesifik dan mengabaikan urutan lain yang tidak dimaksudkan untuk ditargetkan."Dengan memperkenalkan fragmen DNA baru dengan kompleks Cas9-gRNA, perbaikan DNA perbaikan mesin DNA dengan memasukkan DNA baru di mana pemotongan itu dilakukan. Dengan cara ini mutasi tertentu dapat diperkenalkan ke gen, atau gen bermutasi dapat diganti dengan yang sehat, atau gen yang sama sekali baru bahkan dapat diperkenalkan ke dalam DNA sel. Pada dasarnya, CRISPR-Cas9 memungkinkan para ilmuwan untuk memanipulasi DNA sel dalam jumlah tak terbatas ... dengan memotong atau memodifikasi gen menarik, ilmuwan dapat langsung mempelajari fungsi dari dua gen yang sehat dan bermutasi. "

Jadi begini ilmuwan memasukan Cas9 dengan rna retrovirus HIV, saat Cas9 menemukan RNA yang sama dengan yang dimasukkan ilmuwan, maka Cas9 akan mencari apa ada DNA yang 100% sama jika ada Cas9 akan memotong Sequence yang sama pada DNA subjek.
Easy right ?

Sebenarnya dalam genome editing ada metode lain yaitu TALEN dan ZNF namun tidak akn dibahas dalam artikel ini.
Mekanisme CRISPR-Cas9


Cas9 ini sudah diterapkan pada sel prokariotik maupun eukariotik, di Indonesia Cas9 ini dimanfaatkan untuk merekayasa gentik ada tumbuhan. 

Dengan teknologi mutakhir ini Cas9 dapat dimanfaatkan lagi untuk banyak hal, saya akan meringkas beberapa manfaat hebat dari teknologi CRISPR.

1. Penyakit Sangat Mudah Disembuhkan

Yeah, copyright tapi saya malas mengganti gambarnya, jadi sumber dari RKM.COM.AU


Dengan adanya rekayasa genetik dengan modifikasi genome, HIV dan Retrovirus lainnya akan sangat mudah untuk disembuhkan, bukan tidak mungkin jika di masa depan HIV akan menjadi penyakit yang sangat sepele. Seperti Polio saat jaman Perang Dunia sangat ditakuti, namun sejak ditemukan Vaksin (Teknologi yang mutakhir saat itu, dan masih diterapkan sampai sekarang) Poilo sudah jarang di masyarakat.

Dengan CRISPR HIV dapat mudah dihilangkan dari DNA subjek atau mencegah Virus HIV memasuki T-Cell, jadi Sequence DNA yang sama dengan RNA yang dimasukkan oelh ilmuwan akan dipotong oleh Cas9. Dan diuji seperti yang sudah katakan diatas, bahwa pada tikus yang sudah terkena HIV, yang kemudian diterapkan CRISPR-Cas9, 50% HIV hilang dari tikus tersebut. 

Dan lagi Penyakit yang disembuhkan oleh CRISPR ini adalah Kanker, ya kanker dapat dihilangkan dengan CRISPR dan caranya sama dengan HIV. Di Masa Depan sama seperti HIV, kanker mungkin adalah penyakit yang sepele, mungkin untuk mengobati kanker di masa depan hanya butuh satu suntikan.

Manfaat lagi dengan menggunakan CRISPR, penyakit keturunan yang melibatkan cacat gen, dapat diperbaiki, akan banyak penyakit cacat gen seperti buta huruf, hemofili,  Thalasemia daapt disembuhkan. Seperti pada tahun 2015 kemarin, dikutip dari Wired.com

Ketika sekelompok ilmuwan Cina mengumumkan mereka sudah memodifikasi 80 DNA yang dibuahi (tapi nonviable). Mereka mencoba untuk menghilangkan urutan resesif kode yang menyebabkan ß-thalassemia, jenis anemia yang mengharuskan penderita untuk mendapatkan transfusi darah seumur hidup. Berita itu membuat publik terkejut, tapi ahli biologi telah menguatkan hal ini. Pada bulan-bulan sebelumnya, beberapa kelompok telah menerbitkan surat yang mendesak peneliti genetik untuk berhati-hati, dan bahkan menyarankan moratorium langsung pada editing gen embrio.
Penyakit-penyakit lainnya seperti Herpes, Malaria, dan Penyakit yang sulit disembuhkan akan dengan mudah disembuhkan dengan CRISPR.

Mungkin Satu atau Dua abad lagi, penyakit akan sangat mudah disembuhkan, atau penyakit baru akan muncul dan membutuhkan cara pengobatan baru. Ya siapa tahu ? Manusia beberapa juta tahun lagi berevolusi menjadi apa juga tidak tahu, mungkin malah punah. Jadi kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi tapi kita harus siap dengan apa yang akan terjadi.

2. Bayi yang dapat di desain sendiri dan Super Soldier

Yang ini lebih kontroversi, bayi disini dengan CRISPR dapat di desain semau kita, dengan menggunakan CRISPR kita dapat mendesain bayi kita seperti apa yang kita mau. Jadi semacam anda ingin membuat patung dan menggunakan jasa pematung, anda dapat mendapatkan patung sesuai keinginan anda. Kendala disini adalah masalah etika. Masih banyak orang yang tidak setuju dengan ini, tapi mungkin di masa depan hal ini sudah menjadi hal yang lumrah.

Sumber : TawnyNina / pixabay.com/photo-784608


Yang ditunggu-tunggu namun juga menjadi momok jika teknologi ini jatuh ke tangan orang yang salah, Bayangkan akan ada manusia dengan kekuatan Gajah, Manusia yang memiliki kecepatan Cheetah, Manusia yang dapat bernafas di dalam air, Di Masa Depan science fiction akan menjadi kenyataan.

Tapi sepertinya Bayi yang dapat di desain sendiri mungkin tidak akan terwujud karena adanya masalah etika dan moral, dan tentunya dari segi agama. Juga Bayi yang mengalami Gene editing akan lebih unggul dibanding bayi normal lainnya, dan ini bisa menciptakan kesenjangan sosial.



3. Teknologi Anti Penuaan

Dan terakhir, atau mungkin versi saya yang terakhir adalah anti penuaan atau mungkin reverse agging. Manusia pasti punya naluri untuk hidup abadi itulah kenapa ada surga dan neraka, namun hal tersebut tidak bisa dipastikan secara ilmiah (NO SARA ya). Dengan CRISPR ini, manusia bisa melakukan terapi gen dan memulihkan penuaannya.


CRISPR akan memainkan peran penting dalam pengobatan anti penuaan dan akan memungkinkan kita untuk memodifikasi biologi kita jauh dari penuaan dan kesehatan yang buruk. Penemuan alat editing gen dalam 3 tahun terakhir, memungkinkan kita untuk secara tepat memanipulasi DNA di dalam inti setiap sel dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi secara somatik atau germline tergantung bagaimana dan di mana itu diterapkan.  

Perbedaan antara terapi somatik gen (transfer DNA melibatkan jaringan tubuh normal) dan gamet terapi gen  (transfer DNA melibatkan sel-sel yang menghasilkan telur atau sperma) adalah bahwa hasil dari setiap terapi gen somatik  untuk pasien tidak akan diteruskan  ke anaknya - namun untuk terapi gen gametik, hasil dari terapi gen tersebut akan diwariskan kepada anaknya.


Kesimpulannya, pasti ada pro dan kontra penggunaan gene editing diatas, namun sebaiknya daripada melarang sepenuhnya, pemerintah harus membuat regulasi dan batasan dalam melakukan Genome Editing.


Artikel diatas disadur dari video ini. Dan juga dengan beberapa sumber dibawah ini :




http://www.wired.com/2015/05/read-freak-gene-edited-superbabies/

http://www.huffingtonpost.com/entry/crispr-gene-editing-conference_us_565e03f4e4b079b2818c1c97

www.nextbigfuture.com/2016/06/first-phase-1-human-aging-reversal.html

http://www.forbes.com/sites/jvchamary/2016/02/16/embryo-gene-editing/

http://www.pbs.org/wgbh/nova/next/evolution/crispr-gene-drives/

http://biogen.litbang.pertanian.go.id/index.php/2014/04/crisprcas9sgrna-tiruan-sistem-imun-bakteri-untuk-mengedit-genom/crispr_webbiogen_1apr14_html_m32e59d25/




 

Comments