Cara Membaca Komik Superhero Untuk Pertama Kali



1.Mulai Baca darimana ?

Untuk mulai membaca komik superhero,  khususnya DC dan Marvel,  tidak harus membaca komik yang pertama dirilis oleh penerbit tersebut. Ambil saja Komik karakter yang kamu suka seperti Spider-Man atau Batman.  Untuk nomor issue-nya pasti bikin bingung buat pemula. Saran saya baca dulu komik-komik baru dari issue 1,  untuk Marvel coba baca Line Marvel NOW, dan untuk DC, coba baca NEW 52 atau Rebirth, komik tersebut dapat anda cari di page ini. Jangan komik lama yang nomornya sampe ratusan, stress nanti :p .
2. Cara Bacanya ?

Untuk Komik barat bacanya rada beda ya dengan Manga.
How_To_Get_Into_(Marvel_and_DC)_Superhero_Comics_(Page_2)_-_Dorkly_Post_-_2016-06-27_06.57.33
How_To_Get_Into_(Marvel_and_DC)_Superhero_Comics_(Page_2)_-_Dorkly_Post_-_2016-06-27_06.57.49

3. Kenapa ada banyak versi Spider-Man, atau Superman ?

Satu hal lagi yang pasti bikin bingung pemula, dan ogah baca komik superhero itu Variasi Tokoh yang Sama. Variasi ini disebabkan adanya Dunia Multiverse, atau simplenya dunia paralel. Saran saya bagi pemula bacalah komik Prime Earth atau bumi utama, yang biasanya terdapat banyak Mega Event. Untuk DC ada bumi utama nya itu Earth-1, sedangkan Marvel Earth-616, kok 616 ? Tanya Pengarangnya, jangan saya :).
Earth lain emang jelek ya ? Enggak  tuh. Untuk fans Spider-Man bisa baca Earth-1610 atau Ultimate Universe, tapi sekarang tidak ada Ultimate Universe karena sudah menyatu dengan Earth-616. Untuk Ultimate Spider-Man bisa di download disini.

4. Apa itu Event ? Crossover ? Tie In?
EVENT  : Cerita utama dimulai dan berakhir di inti seri terbatas dan cerita sampingan berjalan di beberapa Single Issue
CROSSOVER : Cerita utama dapat dimulai atau diakhiri dengan seri tersendiri dan terus dalam beberapa komik atau cerita dimulai  dan berakhir dalam beberapa komik Single Issue dan cerita sampingan berjalan dalam komik tunggal atau ganda (Pusing ? sama om :(   )
TIE IN : Cerita Sampingan yang biasanya terdapat pada Single Issue dan masih menyangkut dengan suatu event
SINGLE ISSUE : Issue tunggal tiap karakter komik

5. Terakhir, dibawa asyik aja :)

SUMBER GAMBAR  : http://www.dorkly.com/post/69410/how-to-get-into-marvel-and-dc-superhero-comics

Comments